Automotive Technology


PEMASANGAN KIPAS LISTRIK PADA AIR FILTER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGIRITKAN PEMAKAIAN BAHAN BAKARSEPEDA MOTOR

I.  Pendahuluan

Perkembangan teknologi otomotif semakin berkembang, hal ini bisa diamati dengan semakin banyaknya jumlah dan jenis sepeda motor dan mobil yang beredar di masyarakat. Dengan berkembang pesatnya dunia otomotif, maka banyak efek positif yang dipengaruhi oleh perkembangan otomotif, diantaranya (1) berkembangnya dunia perdagangan, (2) berkembangnya dunia jasa dan layanan public, (3) berkembangnya dunia pendidikan dll.Namun selain efek positif dari perkembangan dunia otomotif yang dapat dinikmati manusia ada juga efek negative yang harus kita cari solusinya, diantaranya (1) membengkaknya pemakaian minyak bumi sebagai bahan dasar membuat bahan bakar otomotif, (2) tingkat polusi yang meningkat akibat pembakaran bahan bakar otomotif, (3) meningkatnya angka kematian manusia akibat kecelakaan karena mamakai teknologi otomotif, dan lain-lain.

Dari efek negatif yang akibat perkembangan otomotif itu, maka perlu dicari solusi-solusi yang ‘bijak’ untuk meminimalisirnya. Membengkaknya pemakaian minyak bumi sebagai bahan dasar dari solar dan premium yang merupakan bahan bakar motor, mobil dan mesin-mesin industry lainya perlu kita sikapi dengan sebaik-baiknya. Salah satu solusi mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar adalah dengan cara memodifikasi suatu outomotive engine agar mampu menghasilkan pembakaran sempurna sehingga akan meningkatkan performance mesin dan mengurangi tingkat polusi. Dengan meningkatnya performa mesin maka pemakaian bahan bakar akan jauh lebih efektif dan efisien (irit).

Berawal dari pemikiran tersebut maka untuk mengiritkan pemakaian bahan bakar pada sepeda motor, kami memodifikasi system bahan bakar sepeda motor dengan cara memasangkan kipas listrik (bisa: bekas kipas pendingin computer, pendingin trafo dll) pada filter udara (air flter) dengan cara dilem. Hal ini dilakukan agar pembakaran lebih sempurna sehingga bahan bakar kan lebih irit.


II. Proses Modifikasi

  1. A. Konsep Dasar

Proses pembakaran pada sepeda motor merupakan proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang diawali dengan percikan bunga api (spark) pada busi di dalam ruang bakar untuk menghasilkan tenaga (energy) agar sepeda motor bisa bekerja. Factor yang berpengaruh dalam proses pembakaran dalam ruang bakar antara lain adalah (1) besarnya tekanan kompresi mesin, (2) kualitas system pengapian (ignition system), (3) homogenya campuran bahan bakar dan udara (Daryanto, 1999:6).

Besarnya tekanan kompresi mesin berpengaruh terhadap besarnya gaya ekspansi setelah terjadinya pembakaran. Besar tekanan kompresi sepeda motor berkisar antara 7-8 kg/cm2 (Panduan reparasi Honda).

Kualitas system pengapian berpengaruh terhadap kualitas jumlah campuran bahan bakar dan udara yang dibakar oleh bunga api busi. Semakin bagus api yang dihasilkan maka jumlah campuran bahan yang dibakar akan semakin banyak, sehingga tenaga yang dihasilkan juga akan semakin besar.

Homogennya campuran bahan bakar dan udara perpengaruh terhadap efektifitas pembakaran. Semakin baik efektifitas pembakaran maka semakin besar tenaga yang dihasilkan dan semakin irit pemakain bahan bakar.

Proses pencampuran bahan bakar dan udara pada system bahan bakar sepeda motor bercalan secara alamiah, yaitu udara akan tersedot secara linier ke dalam karburator diakibatkan kevakuman pada ruang bakar. Didalam karburator, udara dan bahan bakar kan tercampur menjadi gas. Apabila proses tersedotnya udara ke dalam karburator tidak secara linier (lurus) yaitu dibuat putar (cyclone) maka dimunkinkan akan menghasilkan suatu pencampuram bahan bakar yang lebih homogen. Dengan homogennya pencampuran bahan bakar dan udara dimungkinkan pula menghasilkan suatu pembakaran yang sempurna. Dengan pembakaran yang sempurna maka dimungkinkan juga tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dan  pemakaian bahan bakar akan lebih irit.

Dari hasil pengamatan kami selama kami memakai motor Honda Kharima 125 mulai tahun 2004, pada kondisi baru (0 – 2 tahun pemakaian) pemakain bahan bakar relative irit (1 liter bensin bisa menempuh 61 km). Tetapi dalam kondisi agak lama (2 – 4 tahun pemakaian) pemakain bahan bakar semakin boros (1 liter bensin hanya menempuh 50-55 km). Hal ini yang memotivasi kami untuk memodifikasi system bahan bakar sepeda motor agar mampu menghasilkan pemakaian bahan bakar yang relative lebih irit.

  1. B. Bahan dan Alat

Untuk memodifikasi system bahan bakar sepeda motor dengan cara menempelkan kipas listrik pada filter udara dibutuhkan bahan dan alat sebagai berikut :

  1. Bahan

1). Unit sepeda motor (kami menggunakan sepeda motor Honda Kharisma 125 keluaran tahun 2004)

2). Kipas listrik (dimensi 6 x 6 cm)

3). Lem alteco

4). Majun/kain lap

2.  Alat

1). Obeng (+) dan (-)

2). Kunci ring 8,10 dan 12 mm

3). Kompresor

  1. C. Langkah Kerja Modifikasi

Langkah langkah yang dilakukan dalam modifikasi sebagai berikut :

1). Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

2). Bongkar tebeng samping sepeda motor

3). Bongkar unit filter udara (air fllter)

4). Bersihkan unit filter udara menggunakan udara bertekanan kompresor

5). Lap bagian filter udara

6). Tempelkan kipas listrik pada balik filter udara dengan cara di lem menggunakan lem alteco.

7). Pasang kembali unit filter udara

  1. D. Pengujian Modifikasi

Setelah unit kipas listrik terpasang maka proses uji coba pemakaian bahan bakar kami mulai. Uji coba dilakukan dengan cara:

1). Bahan bakar sepeda motor kami kuras (kosongkan)

2). Isi tangki sebanyak 1 liter

3). Perhatikan km pada indicator sepeda motor

4). Motor digunakan untuk menuju suatu tempat sampai bensin dalam tangki habis. (kami sambil membawa bensin cadangan menggunakan jligen).

5). Mengatur kecepatan rata-rata 60-70 km/jam

6). Catat kilometer yang ditempuh. Setelah itu isi kembali tangki bensin 1 liter.

7). Gunakan sepeda motor untuk perjalanan pulang.

8). Catat jarak yang ditempuh sampai bensin habis

Dari percobaan yang kami lakukan 3 kali diperoleh hasil sebagai berikut:

No

Hari/Tanggal

Jarak Tempuh (km)/1 Liter Bensin

1

08 Februari 2009

62.431

2

08 Februari 2009

63.145

3

15 Februari 2009

63.753

4

15 Februari 2009

63.985

5

22 Februari 2009

63.865

6

22 Februari 2009

64.721

Rata-rata/1 Liter Bensin

63.650

III. Pembahasan

Dari hasil uji coba yang kami lakukan selama 3 (tiga) kali maka jelas kiranya dengan dipasangnya kipas angin listrik pada filter udara sepeda motor akan mampu mengiritkan bahan bakar 9 – 14 km/liter atau 16 % – 25 % per 1 liter bensin

Hal ini secara logis terjadi karena udara yang masuk menuju karburator akan berputar seiring putaran kipas akibat kevakuman pada ruang bakar. Dalam hal ini kipas diputar tidak menggunakan tenaga listrik tetapi berputar sendiri akibat tarikan udara dari ruang bakar. Dengan kipas diputarkan oleh tarikan udara pada ruang bakar maka kecepatan putaran kipas akan sesuai dengan besarnya putaran mesin, hal ini kan mengantisipasi adanya campuran bahan bakar yang terlalu kaya. Karena campuran bahan bakar yang terlalu kaya akan mengakibatkan mesin menjadi tepat panas.

Akibat putaran kipas maka udara yang masuk ke dalam karburator juga dalam kondisi berputar (cyclone) maka akan menghasilkan campuran bahan bakar yang lebih homogen bila dibandingkan dengan udara yang masuk secara linier (lurus). Dengan demikian maka pembakaran akan lebih sempurna, hal ini bisa dilihat dengan konsisi busi akan jauh lebih bersih bila dibandingkan sebelum dipasang kipas kondisi busi selalu hitam ada sisa-sisa pembakaran.

VI.  Penutup

Dengan terbukti lebih iritnya pemakaian bahan bakar pada sepeda motor yang dipasang kipas pada filter udaranya, maka hal ini perlu dikembangkan kerena proses modifikasi tidak rumit dan tidak memakan biaya besar, bila dibandingkan dengan hasil/manfaat yang diperoleh maka modifikasi ini akan sangat menguntungkan

DOKUMENTASI

Motor yang Digunakan untuk Uji Coba

Bahan yang Digunakan

Alat yang Digunakan

Proses Uji Coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: