RANCANGAN EVALUASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMK TAMAN KARYA MADYA KEBUMEN


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (lampiran permendiknas No. 22 tahun 2006).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sekarang diberlakukan, ini merupakan penjelmaan bottom up nya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang pernah diberlakukan sebelumnya. Kurikulum ini mengharuskan pencapaian keberhasilan/ketuntasan pembelajaran adalah tiap-tiap satuan pendidikan (kompetensi). Kurikulum SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang disusun oleh tim pengembang kurikulum sekolah menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Kurikulum SMK Taman Karya Madya Teknik dalam penyusunannya disesuaikan dengan kondisi sekolah, daerah dan kebutuhan pangsa pasar. Karena adalah sekolah kejuruan maka orientasi kurikulumnya adalah menciptakan tenaga menengah yang trampil yang bisa bersaing di dunia kerja.

Proses evaluasi dan pengembangan KTSP dilaksanakan secara:

a.   Komprehensif dan fleksibel dalam mengadaptasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir;

b.  Berkala untuk merespon perubahan kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta perubahan sistem pendidikan, maupun perubahan sosial;

c.   Integratif dan monolitik sejalan dengan perubahan tingkat mata pelajaran;

d.  Menyeluruh dengan melibatkan berbagai pihak meliputi: dewan pendidik, komite sekolah/madrasah, pemakai lulusan, dan alumni.

(lampiran Permendiknas No 19 tahun 2007).


B. Rumusan Masalah

Dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah kami yang sudah berumur hampir 3 (tiga tahun) rasa-rasanya belum mencapai apa yang diamanatkan dalam Permendiknas No. 19 th 2007 tentang Standar Pengelolaan. Dari latar belakang tersebut maka muncul permasalahan yaitu: bagaimana proses evaluasi kurikulum di SMK Taman Karya Madya Kebumen?, metode apa yang digunakan dalam evaluasi kurikulum di SMK Taman Karya Madya Kebumen.

C. Tujuan

Tujuan dari evaluasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah kami adalah :

  1. Untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan penyelenggaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di sekolah kami.
  2. Untuk mendeteksi masalah-masalah apa yang menghambat keterlaksanaan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah kami.
  3. Untuk mendeteksi apa-apa saja yang perlu dipersiapkan dalam rangka pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang baik.
  4. Merumuskan metodologi evaluasi kurikulum SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen dengan menggunakan congruence-contigency model for education evaluation.

D. Manfaat

Manfaat dari rancangan evaluasi KTSP di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen adalah :

  1. Menjadi pedoman dalam pelaksanaan evaluasi KTSP di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen.
  2. Menambah referensi kajian evaluasi KTSP, yang mungkin dibutuhkan oleh sekolah atau instansi lain.


BAB II

METODOLOGI

A. Metode

Penelitian evaluasi adalah suatu desain dan prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematis untuk menentukan nilai atau manfaat  dalam suatu praktik pendidikan .

Metode evaluasi kurikulum yang digunakan dalam rancangan evaluasi KTSP di SMK Taman Karya Madya Kebumen menggunakan pendekatan partisipasi-naturalistik model congruence-contingency yang dikembangkan oleh Robert E. Stake sebagai berikut:

Gambar.2.1. Congruence-contingency Model for Education Evaluation

Depcriptif Data

CONGRUENCE

Hal-hal yang harus diidentifikasi yang termuat dalam program kurikulum yang harus dievaluasi menurut congruence-contingency model for education evaluation adalah sebagai berikut :

Tabel 2.1. Program congruence-contingency model for education evaluation

No

Program

Aspek

1

ANTECEDENTS Student Characteristic
Theacher Characteristic
Curriculum Contents
Curriculum Contexts
Instruksional material
Physical plant
School organization
Community curriculum

2

TRANSACTION Comunication flow
Time allocation
Sequence of events
Reinforcement schedule
Social climate

3

OUTCOME Student achievment
Student attitudes
Student motoric skill
Effects on theacher
Institusional effects

B. Data

Data adalah sekumpulan hasil penelitian yang didapatkan dengan metode tertentu. Data yang diperoleh dari rancangan evaluasi KTSP, dengan model congruence-contingency adalah sebagai berikut :

Tabel 2.2. Data Hasil Evaluasi Kurikulum Model Congruence-contingency

No

Program

Aspek

Jenis Data

Kategori Data

1

ANTECEDENTS Student Characteristic Jenin Kelamin Nominal
Status sosial ekonomi orang tua Ordinal
Agama Nominal
Motivasi Interval
Kesehatan Minat Interval
Minat Interval
Theacher Characteristic Pendidikan Ordinal
Agama Nominal
Jenis kelamin Nominal
Etos kerja Interval
Masa kerja Interval
Sertifikasi profesi Interval
Curriculum Contents Isi kurikulum Deskriptif naratif
Curriculum Contexts Konteks kurikulum Deskriptif naratif
Instruksional material Materi pengajaran Deskriptif naratif
Physical plant Silabus dan RPP Deskriptif naratif
Scchool organization Struktur organisasi Deskriptif naratif
job description organisasi Deskriptif naratif
Kinerja organisasi Deskriptif naratif
Community curriculum Dukungan komunitas kurikulum Deskriptif naratif

2

TRANSACTION Comunication flow Model pembelajaran kelas Deskriptif naratif
Model praktik Deskriptif naratif
Model praktik industri Deskriptif naratif
Model komunikasi di sekolah Deskriptif naratif
Time allocation Jam pelajaran intrakulikuler Deskriptif naratif
Jam pengembangan diri Deskriptif naratif
Sequence of events Pengaturan kelas Deskriptif naratif
Penugasan guru Deskriptif naratif
Penugasan TU Deskriptif naratif
Reinforcement schedule Remidial dan pengayaan Deskriptif naratif
Supervisi dan evaluasi Deskriptif naratif
Social climate Suasana sosial sekolah Deskriptif naratif
Suasana sosial masyarakat Deskriptif naratif

3

OUTCOME Student achievment Prestasi akademik Interval
Prestasi non akademik Nominal
Student attitudes Sikap siswa interval
Student motoric skill Keterampilan siswa interval
Effects on theacher Dampak bagi guru Deskriptif naratif
Institusional effects Dampak bagi sekolah Deskriptif naratif

C. Sumber Data

Sumber data adalah subjek dari mana data dapat diperoleh (Suharsimi Arikunto, 2006 : 129). Sumber data yang digunakan dalam kegiatan evaluasi KTSP ini adalah kepala sekolah, personil guru, tenaga tata usaha, siswa, komite sekolah, masyarakat sekitar sekolah dan dokumen kurikulum.

Tabel 2.3. Data Hasil Evaluasi Kurikulum Model Congruence-contingency

No

Program

Aspek

Jenis Data

Kategori Data

Sumber Data

1

ANTECEDENTS Student Characteristic Jenin Kelamin Nominal Siswa
Status sosial ekonomi orang tua Ordinal Siswa
Agama Nominal Siswa
Motivasi Interval Siswa
Kesehatan Minat Interval Siswa
Minat Interval Siswa
Theacher Characteristic Pendidikan Ordinal Guru
Agama Nominal Guru
Jenis kelamin Nominal Guru
Etos kerja Interval Guru
Masa kerja Interval Guru
Sertifikasi profesi Interval Guru
Curriculum Contents Isi kurikulum Deskriptif naratif Dokumen
Curriculum Contexts Konteks kurikulum Deskriptif naratif Dokumen
Instruksional material Materi pengajaran Deskriptif naratif Dokumen
Physical plant Silabus dan RPP Deskriptif naratif Dokumen
Scchool organization Struktur organisasi Deskriptif naratif Dokumen
job description organisasi Deskriptif naratif Dokumen
Kinerja organisasi Deskriptif naratif KS, guru, dan TU
Community curriculum Dukungan komunitas kurikulum Deskriptif naratif Masyarakat sekitar

2

TRANSACTION Comunication flow Model pembelajaran kelas Deskriptif naratif Dokumen ,guru dan siswa
Model praktik Deskriptif naratif Dokumen guru
Model praktik industri Deskriptif naratif Dokumen guru
Model komunikasi di sekolah Deskriptif naratif Dokumen ,guru dan siswa
Time allocation Jam pelajaran intrakulikuler Deskriptif naratif Dokument
Jam pengembangan diri Deskriptif naratif Dokument
Sequence of events Pengaturan kelas Deskriptif naratif Siswa
Penugasan guru Deskriptif naratif Guru
Penugasan TU Deskriptif naratif TU
Reinforcement schedule Remidial dan pengayaan Deskriptif naratif Dokumen , guru, siswa
Supervisi dan evaluasi Deskriptif naratif Dokumen , guru, siswa
Social climate Suasana sosial sekolah Deskriptif naratif KS, guru, TU, siswa
Suasana sosial masyarakat Deskriptif naratif Masyarakat sekitar

3

OUTCOME Student achievment Prestasi akademik Interval Siswa, guru
Prestasi non akademik Nominal Siswa, guru
Student attitudes Sikap siswa interval Siswa, guru, ortu
Student motoric skill Keterampilan siswa interval Gur, siswa, ortu
Effects on theacher Dampak bagi guru Deskriptif naratif Guru
Institusional effects Dampak bagi sekolah Deskriptif naratif KS, guru, TU, siswa

D. Instrumen Pengumpulan Data

Dalam penelitian evaluasi, metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain : teknik studi dokumentasi, wawancara, observasi, angket, skala sikap dan tes (Suharsimi Arikunto, 2006 : 149)

Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam rancangan evaluasi kurikulum ini adalah dokumentasi, panduan wawancara, panduan observasi, angket, skala sikap, dan tes. Penggunaan setiap teknik disesuaikan dengan kondisi, karakteristik data dan sumbernya.

Tabel   2.4. Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Berdasarkan Jenis Data

No

Jenis Data

Teknik Pengumpulan Data

Instrument

Bentuk

1

Nominal Angket Angket terstruktur Kategori
Wawancara Pedoman wawancara Kategori
Obsevasi Pedoman observasi Kategori
Studi dokumen Pedoman studi dokumen Kategori/ tabel

2

Ordinal Angket Angket terstruktur Kategori
Wawancara Pedoman wawancara Kategori
Obsevasi Pedoman observasi Kategori
Studi dokumen Pedoman studi dokumen Kategori/ tabel
Skala sikap Angket terstruktur Angket

3

Rasio Tes dokumen Tes Tertulis/praktik

4

Deskriptif naratif Wawancara Pedoman wawancara Kategori
Obsevasi Pedoman observasi Kategori
Studi dokumen Pedoman studi dokumen Kategori/ tabel


E. Analisis Data

Analisis data adalah suatu metode yang digunakan untuk mengolah data baik data yang berupa kuantitatif ataupun data kualitatif, agar dapat ditarik suatu kesimpulan penelitian. Analisis data dalam rancangan evaluasi kurikulum ini adalah menggunakan studi komparasi (congruency) antara kondisi ideal (logical contingency) dan hasil evaluasi nyata (empirical contingency) dengan prinsip congruency. Data dianalisis dengan teknik deskkriptif dan kualitatif, agar didapatkan hasil analisis yang menyeluruh dan komplit. Validitas data yang dilakukan dalam rancangan evaluasi kurikulum ini adalah dengan teknik triangulasi data berdasarkan sumber data dan teknik pengumpulan data masing-masing.

F. Lokasi Penelitian dan Jadwal

Lokasi penelitian merupakan tempat dimana suatu sistem diteliti melalui perumusan masalah, metodelogi penelitian, analisis data sehingga didapatkan kesimpulan penelitian. Lokasi evaluasi kurikulum ini dilaksanakan di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen yang beralamatkan di jalan Cincin Kota no 18 Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Evaluasi kurikulum SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2008/2009 direncanakan selama 2 (dua) bulan, yaitu diakhir semester ganjil (Januari dan Februari 2009). Jadwal kegiatan secara lengkap adalah sebagai berikut :

Tabel 2.5. Jadwal Evaluasi Kurikulum

No

Kegiatan

Januari 2009

Februari 2009

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Penyusunan rancangan/proposal

a. Alasan evaluasi

b. Memilih model evaluasi

c. Identifikasi pihak terkait

d.Menyusun desain dan jadwal

e. Revisi

2

Pengumpulan data dan anlisis data

a. Pengumpulan data

b. Analisis

3

Penyusunan Laporan

a. Persiapan

b. Penyusunan

DAFTAR  PUSTAKA

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi IV. Jakarta : Rineka Cipta.

BNSP. 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BNSP.

SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. 2007. Kurikulum KTSP SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2007/2008. Kebumen : SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: